Selasa, 07 Mei 2013

POTRET DANGDUT KOPLO

Assalamu Alaykum...
Cerita aku kali ini mungkin terlihat berlebihan, tapi itulah yang aku rasakan. Saat surfing di you tube aku sengaja mengetik tutorial mengenai photoshop. Tapi semakin lama surfing di you tube semakin banyak video yang aku lihat. Tidak hanya mengenai photoshop tapi sampai terakhir video dangdut koplo.
Saat menonton video beberapa video you tube yang audionya dangdut...air mataku tanpa sadar menetes. Aku menangis melihat tingkah  para wanita dengan dandan yang minim bergoyang erotis diatas panggung yang ditonton banayak orang. Wanita-wanita itu seperti diriku. Yang di ciptakan Allah sebagai seorang wanita Yang membuat aku meneteskan air mata demi sejumlah uang untuk hidup, mereka melakukan yang bagiku sangat luar biasa PROSTITUSI TERANG-TERANGAN.
Mengapa sampai aku menyebut PROSTITUSI TERANG-TERANGAN? Dengan dandan minim bergoyang erotis diatas panggung yang bisa ditonton seluruh lapisan umur tanpa ada batasan dan dilegalakan.
Aku pernah menonton mengenai prostitusi di Las vegas dari saluran National Geograpich. Tarian telanjang di Las Vegas yang ditampilkandi club-club yang bertebaran di salah satu negara bagian Amerika Serikat ada peraturannya. Begitu juga pelacurannya. Di Las Vegas ada agen penyedia wanita-wanita untuk menghibur pria-pria yang menghubungi mereka . Namun sebelum menjadi "wanita penghibur" wanita-wanita tersebut harus menandatangani kontrak atau perjajnjian.Kontrak yang ditandatangani sangat jelas. Bahwa mereka hanya menghibur para pria tersebut. Jika sampai terjadi hubungan seks itu diluar dari perjanjian yang mereka tandatangani dengan agen mereka itu ilegal menurut hukum di Las Vegas.
Membandingkan dengan apa yang aku tonton National Geograpich, dengan apa yang terjadi di sebagian daerah  Indonesia dengan dandut koplonya, sangat luar biasa. Yaa.. seperti yang aku telah jelaskan diatas, wanita dengan dandanan minim bergoyang erotis diatas panggung yang ditonton oleh seluruh kalangan umur dan dilegalkan pula.
Mengapa dangdut itu diasosiakan dengan hal-hal vulgar...,karena apa yang terjadi pada kalangan masyarakat seperti itu. Vulgar dan terang-terangan. Namun banyak juga artis dandut yang tetap menjaga kesopanan. Aku bukan penggemar musik dandut, namun dengan melihat realita dandut koplo dari you tube aku acungin 2 jempol buat Rhoma Irama. Dengan segala aksinya, agar musik dandut menjadi terhormat.
dan bagiku  aksi Rhoma Irama harus terus menerus.jangan sampai terhenti.
Meghilangkan kebiasaan hiburan dangdut koplo pada masyarakat suatu yang mustahil. Karena selama ada acara baik itu pernikahan atau apaun pada sebagian masyarakat selalu diiringi dengan hiburan.
Bagiku bukan musik dandut  yang aku tidak senangi tapi kemasan dandut koplonya. 
Atau memang seperti itukah potret wajah masyarakat Indonesia. Entahlah....

Gorontalo, 7 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar